.
Share this Post:

Warisan sang Ayah untuk Teerasil Dangda dan Adik Perempuannya

PRASIT Dangda bukan pemain sepak bola top, meski pernah bergabung ke klub Royal Thai Air Force. Tidak pernah mencapai level pemain timnas Thailand dan ketika pensiun bekerja sebagai pegawai level rendah. Kini, dia bisa berbangga hati karena kedua anaknya bermain untuk timnas Thailand.

Ya, bukan hanya anak lelakinya, Teerasil Dangda saja yang secara reguler bermain di timnas Thailand. Anak perempuannya, Taneekarn Dangda juga pemain andalan di timnas perempuan Thailand. Posisi mereka berdua sama-sama sebagai penyerang.

Bakat sepak bola itulah yang diwariskan Prasit kepada kedua anaknya. Sebab, secara ekonomi, dia hanya masuk dalam warga kelas menengah di Thailand. Bahkan, agak ke bawah. Itulah yang membuat sang istri atau ibu dari Teerasil dan Taneekarn harus membantu dengan bekerja sebagai buruh pabrik.

Kini, Teerasil bukan sekadar andalan bagi timnas Thailand, melainkan pria yang mencatat rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Piala AFF sepanjang masa. Bersama timnas Thailand, Teerasil yang sekarang berusia 34 tahun itu telah dua kali juara, yakni pada 2016 dan 2020.

Adik perempuannya juga tidak kalah hebat. Taneekarn yang sekarang sudah berusia 30 tahun itu tercatat sebagai kolektor gol terbanyak di timnas perempuan Thailand dengan 22 gol. Dia pernah juara Piala AFF perempuan dan membantu Thailand meraih emas SEA Games 2013.


Baca selengkapnya...