.
Share this Post:

Takuma Asano, Sang Jaguar Pembungkam Mulut Jerman

KALAU soal kepakaran dalam menilai talenta sepak bola, Arsene Wenger, itu level profesor. Sebab, pria asal Prancis tersebut begitu jeli dalam mengendus dan menilai bakat muda. Tentu tidak semuanya mampu direkrut lantaran ada banyak variabel.

Zlatan Ibrahimovic enggan menjalani trial, Cristiano Ronaldo kalah gercep dalam negosiasi ketimbang Sir Alex Ferguson. Bahkan, ketika menggaet Cesc Fabregas, sebenarnya dia juga berencana mengangkut Gerard Pique dan Lionel Messi. Pique lebih tertarik ke Manchester United dan Messi punya utang budi ke Barcelona.

Nah, Takuma Asano adalah salah satu bakat yang mampu diendusnya, direkrut ke Arsenal, sayangnya gagal dimainkan. Penyebabnya, dia tidak mendapatkan izin kerja dari pemerintah Inggris. Akibatnya, terpaksa dipinjamkan ke Stuttgart, lalu ke Hannover.

”Takuma merupakan striker muda berbakat dan sangat cocok untuk masa depan. Dia memiliki awal yang mengesankan untuk karirnya di Jepang dan kami berharap dia berkembang selama beberapa tahun ke depan,” Arsene Wenger dalam situs resmi Arsenal pada 2016.

Asano kini membela klub Jerman Bochum. Dan, dia membungkam timnas Jerman dengan gol dari sudut sempit di sisi kiri kiper Manuel Neuer pada laga pertama grup E Piala Dunia 2022 (23/11). Gol itu membuat Jepang unggul 2-1 atas Jerman yang merupakan salah satu favorit juara.  


Baca selengkapnya...