.
Share this Post:

Tak Sesuai Kata Hati, Flandy Limpele Mundur dari Tim Nasional Indonesia

FLANDY Limpele seharusnya mengajak makan-makan para pemain ganda campuran pelatnas pratama PP PBSI Senin siang, 27 Februari 2023. Flandy ingin menggelar perjamuan kecil perpisahan dengan cara yang hangat dan menyenangkan.

Namun, acara tersebut terpaksa harus dijadwalkan ulang. Sebab, ada berita pedih yang datangnya begitu mendadak dan sangat memukul skuad ganda campuran junior Indonesia. Az Zahra Putri Dania meninggal dunia.

Putri adalah pemain yang mengisi skuad ganda campuran nasional junior 2022. Belum genap setahun di Pelatnas Cipayung, Putri meminta izin untuk mundur. Alasanya, dia sakit. Tetapi rekan-rekannya tidak menyangka penyakit Putri separah itu. Putri terdeteksi terkena kanker kelenjar getah bening. Dia meninggal dalam usia yang masih sangat muda, 18 tahun.

Dalam serpihan kenangan Flandy, Putri adalah remaja yang sopan, rajin, dan penurut. Putri memiliki keahlian bermain bulu tangkis yang baik. Dia juga sangat bersemangat. Tetapi badannya memang lemah. Jika dipaksa berlatih keras mengikuti program Flandy yang sangat melelahkan, kondisi Putri langsung menurun.

Pasca Kejuaraan Dunia Junior 2022 yang berakhir 30 Oktober lalu, Putri pamit kepada Flandy untuk rehat dari tim nasional. Putri mengatakan fisiknya rapuh, lemah, dan kesakitan. Flandy mengizinkan dan memberikan waktu bagi Putri untuk menyembuhkan tubuhnya.

Tetapi Flandy sama sekali tidak menyangka bahwa Putri ternyata dicengkeram penyakit yang luar biasa ganas dan mematikan. “Kami sangat berkabung. Saya kaget. Waduh ternyata separah itu. Kami semua sedih, dia masih 18 tahun,” kata Flandy kepada saya.

Rencana makan bareng sebagai simbol kepergian Flandy dari tim nasional, berubah menjadi melayat sebagai simbol penghormatan atas kepergian Putri dari dunia. Mendengar berita memilukan tersebut, Flandy dan skuad ganda campuran junior Indonesia pergi ke Kota Bogor untuk memberikan pemuliaan terakhir kepada Putri dan keluarganya.


Baca selengkapnya...