.
Share this Post:

Stephanie Frappart: Silakan Nilai Kompetensi Saya, Bukan Jenis Kelamin

PIALA Dunia adalah kompetisi terpenting di dunia. Saya adalah wasit perempuan pertama di Prancis, yang pertama di Eropa, setiap kali menjadi yang pertama. Saya tahu bagaimana menghadapinya,” jelas Stephanie Frappart, wasit yang akan memimpin laga Jerman versus Kosta Rika (1/12).

Wasit kelahiran Le Plessis-Bouchard, Prancis, 38 tahun lalu tersebut akan memimpin pertandingan terakhir grup E Piala Dunia 2022 dengan dibantu dua asisten wasit perempuan pula. Mereka adalah Neuza Back dari Brazil dan Karen Diaz Medina dari Meksiko.

Mereka akan mencatat sejarah sebagai perempuan yang kali pertama memimpin pertandingan di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2022, dari total 36 wasit, FIFA menunjuk tiga wasit perempuan. Selain Frappart, ada Yamashita Yoshimi dari Jepang dan Salima Mukansanga dari Rwanda.

Sebelumnya, Frappart sempat dua kali menjadi ofisial keempat dalam Piala Dunia 2022. Itu terjadi ketika pertandingan antara Polandia versus Meksiko pada pertandingan perdana grup B. Juga, pada pertandingan kedua grup H antara Portugal melawan Ghana.

Selain Frappart, Yoshimi, dan Mukasanga sebagai wasit, FIFA juga menugaskan tiga asisten wasit perempuan. Mereka adalah Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina (Meksiko), dan Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat). Mereka tergabung dalam 69 asisten wasit yang bertugas di Piala Dunia 2022.


Baca selengkapnya...