.
Share this Post:

Perlakuan FIFA kepada Timnas Israel Berbeda dengan Rusia, Mengapa?

POLEMIK timnas Israel pada Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia semakin memanas. Itu bermula dari keputusan FIFA membatalkan drawing fase grup di Bali pada 31 Maret 2023.

Semakin memanas lagi lantaran tersiar kabar FIFA mempertimbangkan untuk membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia dan dipindah ke negara lain. Apalagi pemberitaan di media nasional, bahkan internasional mulai menyiarkan kabar soal kemungkinan tuan rumah dipindah ke Argentina, Peru, atau Qatar. Mereka sudah siap mengajukan diri apabila Indonesia diragukan bisa menjadi tuan rumah lantaran isu penolakan terhadap Israel.

Karena simpang siur isu tersebut, Presiden Joko Widodo sampai turun tangan dan menyatakan ke publik bahwa tidak ada kaitan antara Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dengan dukungan kepada kemerdekaan Palestina.

Jokowi menegaskan agar tidak mencampur adukan urusan olahraga dengan politik. Mantan wali kota Solo itu di akhir pernyataannya, mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk berangkat ke Swiss dan berbicara dengan FIFA untuk mencari solusi terbaik.

Di media sosial, juga ramai menaikkan isu tentang perbandingan Rusia yang di-banned FIFA atas invasi ke Ukraina. Yang berdampak kepada partisipasi timnas Rusia pada Piala Dunia 2022. Namun, apakah sama kasus tersebut dengan timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023?


Baca selengkapnya...