.
Share this Post:

Otak-Otak Cemerlang yang Menghadirkan Keajaiban bagi Bologna

SEBUAH malam yang sejuk di Loftus Road, London, 22 Agustus 2022. Ketika itu, seorang pria muda asal Jepang bernama Junichi Inamoto menggoreskan namanya dalam sejarah Fulham.

Pria yang pada awal kehadirannya dicemooh sebagai langkah oportunis penarik pasar Asia itu, ternyata mampu menjadi pahlawan Fulham di kancah Eropa. Inamoto tampil fenomenal, mencetak hat-trick ke gawang Bologna yang dijaga Gianluca Pagliuca pada leg kedua final Piala Intertoto 2002.

Para pemain Bologna hanya bisa melihat dengan penuh kepahitan saat Inamoto mengangkat piala mungil Intertoto. Mungkin, mereka akan semakin merasakan kegetiran tatkala tahu Bologna bakal amat lama kembali bermain di level Eropa.

Ternyata butuh waktu lebih dari 22 tahun bagi Stadio Renato Dall’Ara untuk kembali menggelar pertandingan sepak bola antar klub Eropa. Lebih dari itu, kali ini bukan pertandingan kelas Piala Intertoto. Stadio Renato Dall’Ara bakal memperdengarkan kemegahan lagu tema Liga Champions ketika para pemain Bologna berbaris di lapangan.

Secara sejarah, Bologna adalah tim yang masuk enam besar klub tersukses di Serie A. Klub dari kota yang ikonik dengan arsitektur batu bata merah era Renaisans ini mengumpulkan tujuh gelar liga Italia. Bologna memiliki lebih banyak gelar dibandingkan gabungan titel Serie A Roma dan Lazio. Trofi Bologna juga lebih banyak ketimbang Napoli dan Fiorentina.


Baca selengkapnya...