.
Share this Post:

Jordi Amat: Saya Janji Berikan Segalanya untuk Indonesia

LEVEL kebahagiaan beliau (nenek, Red) sangat besar. Saya merasakannya setiap kali kami berbicara melalui FaceTime atau WhatsApp. Bagi beliau, membawa cucunya ke Indonesia adalah sesuatu yang sangat-sangat besar (nilainya, Red), ujar Jordi Amat kepada El Periodico.

Tentu saja kebahagiaan itu semakin berlipat setelah Jordi Amat resmi membela timnas Indonesia. Bek bertinggi 184 cm itu debut saat Indonesia menang 2-1 atas Kamboja pada laga pertama Piala AFF 2022. Debut yang juga menarik perhatian media-media di Spanyol.

Maklum, selain kelahiran Canet de Mar, Spanyol, Jordi Amat pernah membela Spanyol di hampir semua level usia muda. Dia berperan membawa Spanyol jadi peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2009. Saat itu, dia satu tim dengan Koke, Iker Muniain, Alvaro Morata, dan Pablo Sarabia.

Karir profesionalnya dimulai di klub Espanyol pada 2010 setelah sebelumnya menimba ilmu di akademi klub tersebut. Kini, dia membela timnas Indonesia yang merupakan negara tempat lahir neneknya, Isje. Sang nenek lahir di Makassar sebelum bermigrasi ke Belanda.

Debutnya juga dijalani di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang meski dengan penonton yang belum full, tetap saja memberikan atmosfer luar biasa. Dia tampak gagah dibalut jersey timnas Indonesia. Belum sepenuhnya padu dengan barisan pertahanan, tapi distribusi bolanya istimewa.


Baca selengkapnya...