.
Share this Post:

Harapan Baru untuk PSSI, Semoga Bukan Harapan Palsu

KITA boleh saja kecewa dengan apa yang telah terjadi, tetapi jangan pernah kehilangan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Saya menukil kalimat itu dari legenda sepak bola Indonesia Bambang Pamungkas di bukunya berjudul Bepe20: Pride.

Harapan. Bagaikan pedang bermata dua, harapan itu perlu dirawat dengan proporsi yang pas. Tidak kurang, tidak lebih.

Apalah arti hidup tanpa harapan. Tokoh HAM dari Amerika Serikat Martin Luther King berkata, ”Kalau Anda kehilangan harapan, Anda akan kehilangan bahan bakar dalam hidup. Selalu jaga harapan Anda.

Namun, filsuf asal Jerman Friedrich Nietzsche mengingatkan juga akan betapa berbahayanya bagi kita. ”Harapan, sebenarnya, adalah yang terburuk dari kejahatan, karena meluasnya penderitaan manusia.

Apakah hasil Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 bisa memberikan harapan kepada publik sepak bola tanah air? Tentu saja iya. Terpilihnya Erick Thohir sebagai ketua umum PSSI menghadirkan harapan. Tapi, kita perlu menahan diri agar tidak terjerumus pada harapan palsu.

Drama pemilihan wakil ketua umum dalam KLB PSSI, sekaligus penanda agar kita menakar ekspektasi dengan pas. Agar nanti tidak kecewa saat harapan itu tak pernah terwujud.


Baca selengkapnya...