.
Share this Post:

Faktor-Faktor yang Membuat Kevin Sanjaya Sukamuljo Memilih Pensiun Muda

KEPUTUSAN Kevin Sanjaya Sukamuljo untuk pensiun dari bulu tangkis sejatinya sudah bulat sejak Februari 2024. Kevin sudah tidak mau bermain untuk tim nasional Indonesia atau pulang membela klub asalnya, PB Djarum.

Ketika itu, Kevin hampir empat bulan tidak memegang raket. Api ambisi untuk bertarung keras di kancah bulu tangkis level dunia nyaris sepenuhnya padam.

Sepanjang 2024, Kevin sama sekali tidak berpartisipasi dalam tur dunia. Turnamen internasional terakhir yang Kevin ikuti adalah Kumamoto Masters Japan 2023. Berpasangan dengan pemain muda Rahmat Hidayat, Kevin tumbang pada ronde kedua.    

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Subagja dalam konferensi pers di Pelatnas PP PBSI, Cipayung, hari ini (16/5) mengatakan bahwa dia dan Kevin telah bertemu pada 6 April. Saat itu, Ricky menanyakan soal komitmen Kevin. Apakah tetap mau lanjut menjadi bagian dari pelatnas PP PBSI ataukah memilih berhenti. Kevin menjawab berhenti dan menyatakan pamit dari pelatnas.

Dalam konferensi pers, Ricky tidak menceritakan alasan mengapa Kevin memutuskan pensiun dari bulu tangkis pada usia relatif muda, baru 28 tahun.

Tetapi, beberapa sumber kami yang dekat dengan Kevin menyatakan bahwa pemain kelahiran Banyuwangi itu memutuskan pensiun karena kombinasi beberapa hal. Ini terkait soal-soal teknis bulu tangkis dan alasan personal.


Baca selengkapnya...