.
Share this Post:

Dribbling dengan Pendekatan Ilmiah ala Kaoru Mitoma

KEPUTUSAN berani diambil Kaoru Mitoma pada usia 18 tahun. Ketika mendapatkan tawaran kontrak profesional dari juara empat kali liga Jepang Kawasaki Frontale, dia memilih kuliah. Pemain Brighton & Hove Albion itu diterima di Universitas Tsukuba.

Winger asal Kanagawa itu memutuskan melanjutkan sekolah dan memperkuat tim sepak bola Universitas Tsukuba. Pilihan yang ganjil lantaran sepak bola adalah impiannya sejak kecil. Sejak berusia 10 tahun dan bergabung ke akademi Kawasaki Frontale.

"Sejujurnya, saya tidak memiliki kepercayaan diri menjadi pemain profesional saat itu. Ketika saya melihat (Koji) Miyoshi dan (Kou) Itakura yang setahun di atas saya. Saat saya melihat mereka secara objektif, saya pikir akan menjadi yang teratas. Tapi, saya tidak memiliki cukup kepercayaan diri untuk melakukannya dan mengingat masa depan saya, saya pikir akan lebih baik pergi ke Universitas Tsukuba,” ujar Mitoma sebagaimana dikutip NumberWeb.

Ya, itulah pilihan hidupnya. Seakan-akan malah mengambil jalan berputar, tetapi yang dilakukan Mitoma justru bukan kemunduran. Diibaratkan helikopter, semakin jauh dari daratan, maka akan mampu melihat view yang lebih luas. Selama Mitoma bersama Tsukuba, dia bisa melihat dan menemukan sepak bola secara lebih luas dan menambah rasa percaya dirinya dalam berlari di lapangan hijau.


Baca selengkapnya...