.
Share this Post:

Como 1907, Mengembalikan Senyuman yang Telah Lama Hilang

TENTU saja, itu tempat yang sangat indah. Susunan punggung gunung yang berpadu harmonis dengan air danau sebening kristal. Lalu, sentuhan manusia dalam konstruksi bangunan bersejarah yang setia menunggu untuk diungkap rahasianya.

“Untukmu, Danau Como, yang terhebat.” Itulah cara Virgil, seorang pujangga besar Romawi Kuno menyebut Como. Grandissimo. Plinius Muda, sang penulis, politikus, konsul Kekaisaran Romawi, seorang putra tanah Como menyebut rumahnya dengan kiasan teramat cantik, “Selalu seperti musim semi.”

Tentu saja, pemandangan Como yang menakjubkan tidak luput dari perhatian para pembuat film Hollywood. Di tempat inilah, James Bond pulih dari penyiksaan Le Chiffre dalam film Casino Royale (2006). Di sini pula, Anakin Skywalker dan Padme Amidala bertemu dalam Star Wars: Episode II-Attack of the Clones (2002).

Dari beningnya Danau Como dan hijaunya tiga gunung: Grigna, Resegone, serta Legnone ini pula, berkibar dengan penuh kebanggaan panji-panji biru dan putih. I Biancoblù. Dan di bawah panji-panji itu, terdengar suara menggetarkan para pendukung Como 1907. Untuk pertama kali dalam 21 tahun, mereka kembali bermain di divisi tertinggi Liga Italia, Serie A.


Baca selengkapnya...