.
Share this Post:

Psikolog dan Yoga Jadi Rahasia Kekuatan Mental Emi Martinez

BAHKAN sehari sebelum final FA Cup, saya menjalani 1,5 jam pertemuan dengan psikolog Arsenal,” kata Emiliano Martinez kepada Daily Mail. ”Orang-orang tidak begitu menyadari betapa pentingnya memperhatikan sisi mental saat bermain di level tertinggi.”

Selain rutin berkonsultasi ke psikolog, kiper timnas Argentina itu juga menambah dengan latihan yoga. Itu dilakukan untuk membuat mentalnya lebih stabil tatkala menghadapi tekanan dalam pertandingan. Apalagi ketika harus ditentukan melalui adu penalti.

Pemain kelahiran Mar del Plata itu menyadari betul, adu penalti lebih dari sekadar beradu skill, lebih dari itu, adu mental. Para pemain sering berupaya menjatuhkan mental dan konsentrasi lawan dengan kata-kata atau cara apapun. Dia juga sering melakukan itu kepada para eksekutor.

Ketika perempat final Piala Dunia 2022, kemampuan Martinez mengelola mental dan konsentrasinya yang membuat Argentina bisa lolos dari Belanda. Setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal hingga perpanjangan waktu, kelolosan ke semifinal ditentukan adu penalti.

Dalam adu penalti, Argentina akhirnya unggul setelah dua eksekutor Belanda, yakni Virgil van Dijk dan Steven Berghuis gagal menjalankan tugasnya. Bukan kali ini saja Martinez tampil luar biasa dalam adu penalti. Bahkan, bisa dibilang, salah satu keunggulan Martinez adalah menggagalkan penalti.


Baca selengkapnya...