.
Share this Post:

Kemeja Putih Herve Renard dan Ketabahan Arab Saudi

LEGENDA berkemeja putih. Itulah yang dikenang publik sepak bola Afrika akan Herve Renard. Di benua Afrika, dia pernah melatih Zambia, Angola, Pantai Gading, dan Maroko. Bersama Zambia lah mitos tentang pria Prancis berwajah rupawan dengan kemeja putih lahir.

Bagaimana tidak, Zambia bukanlah tim dengan reputasi hebat. Kiprah terbaik mereka mencapai final Piala Afrika pada 1974 dan 1994. Di tangan Renard, Zambia mampu menjuarainya dengan mengalahkan tim favorit Pantai Gading yang dipimpin Didier Drogba.

Di Afrika, bahkan dia dianggap setara pangeran. Sosok pelatih yang dinantikan ketika Piala Afrika berlangsung. Bagaimana tidak, setelah secara mengejutkan juara bersama Zambia, dia kembali juara Piala Afrika pada 2015 ketika melatih Pantai Gading.

Dan, kemeja putih Renard kembali bertuah ketika tim asuhannya Arab Saudi mengalahkan Argentina 2-1 dalam laga pembuka grup C (22/11). Memainkan garis pertahanan tinggi, Arab Saudi membuat Lionel Messi dkk sepuluh kali terjebak offside dan tiga kali gol dianulir.

Argentina yang datang dengan rekor tak terkalahkan dalam 36 pertandingan, tumbang di kaki Arab Saudi. Dengan status tim favorit juara dan melawan tim yang dianggap paling lemah di grup C, Argentina diyakini bisa menyamai rekor tak terkalahkan timnas Italia dalam 37 laga.


Baca selengkapnya...