.
Share this Post:

Karena Vincent Kompany Belajar dari Guru yang Tepat

MIKEL Arteta bersama Arsenal masih memimpin klasemen Premier League. Xavi Hernandez yang melatih Barcelona juga masih memimpin di klasemen sementara La Liga. Dan, Vincent Kompany malah membawa Burnley promosi ke Premier League.

Nah, tiga pelatih muda tersebut memiliki kesamaan. Mereka pernah belajar ke Pep Guardiola. Arteta tatkala menjadi asisten Guardiola di Manchester City, Xavi saat masih bermain untuk Barcelona, dan Kompany merupakan mantan kapten Manchester City.

Burnley merupakan klub kedua yang ditangani Kompany. Sebelumnya, mantan pemain timnas Belgia itu melatih klub Anderlecht. Saat bergabung ke Burnley pada 14 Juni 2022, target yang dicanangkan klub kepadanya adalah kembali ke Premier League dalam dua atau tiga musim.

Ternyata, dia tidak membutuhkan waktu lama. Pada musim pertamanya, klub berjuluk The Clarets itu dibawa promosi. Tepatnya pada 8 April 2023, Burnley resmi promosi setelah mengalahkan Middlesbrough 2-1. Mereka pun otomatis mengunci juara dan promosi di sisa tujuh laga.

Sebagai pemain, Kompany memiliki karier yang gemilang. Empat trofi Premier League dikoleksi selama membela City. Bersama timnas Belgia, capaian terbaik Kompany adalah peringkat ketiga Piala Dunia 2018. Kini, dia meniti karier sebagai pelatih dan cepat melejit.


Baca selengkapnya...