.
Share this Post:

Dari Aimar, Messi, dan Di Maria, Keputusan Terbaik Lionel Scaloni

TANPA pengalaman melatih tim senior. Fakir pengalaman bermain di timnas senior. Itulah yang membuat Lionel Scaloni dipertanyakan kepantasannya melatih timnas Argentina menggantikan Jorge Sampaoli yang gagal pada Piala Dunia 2018.

Sang legenda Argentina Diego Maradona berada di baris terdepan yang meragukan Scaloni. ”Dia hanya memiliki tujuh caps, baru berusia 40 tahun, dan tidak memiliki pengalaman. Dia orang yang hebat, tetapi dia bahkan tidak bisa mengatur tim,” keluh Maradona dikutip The Guardian.

Bagaimana Anda bisa memberikan timnas kepada Scaloni? Apakah kita semua gila? (Kalau hanya sekadar) makan asado, oke, tapi melatih timnas? Itu terlalu besar untukmu,” jelas Maradona yang pernah melatih Argentina pada Piala Dunia 2010.

Keraguan yang beralasan. Sebelum ditunjuk melatih timnas Argentina, pengalaman tertinggi Scaloni adalah jadi pelatih Argentina U-20. Sebelumnya, dia menjadi asisten pelatih di klub Spanyol Sevilla dan asisten pelatih timnas Argentina saat dipimpin Sampaoli.

Bukan hanya rekam jejak melatihnya yang biasa-biasa saja. Karirnya sebagai pemain juga semenjana. Scaloni yang lahir pada 16 Mei 1978 di kota kecil bernama Pujato, provinsi Santa Fe, memulai karir sepak bola masa mudanya bersama Sportivo Matienzo, klub lokal di Pujato.


Baca selengkapnya...