.
Share this Post:

Bagaimana Erling Haaland Dibentuk Menjadi Monster Gol?

BAGAIMANA cara menghentikan Erling Haaland? Biarlah para pelatih klub Premier League atau lawan Manchester City di Liga Champions yang memikirkannya. Kita mending mencari tahu, bagaimana monster lini depan itu dibentuk di masa kecil dan remaja?

Saat ini, Haaland mesin gol paling menakutkan di dunia. Ketika dia mampu mencetak 29 gol dari 27 laga di RB Salzburg atau 86 gol dari 89 laga di Borussia Dortmund, perdebatan soal kualitasnya masih terdengar, meski lirih. Kini, selesai sudah. Titik.

Baru 13 laga dia mainkan membela Manchester City di Premier League, hasilnya 18 gol tercipta. Sudah tiga kali dia hat-trick. Top scorer sementara Premier League. Dan, usianya baru 22 tahun. Pertanyaannya, bagaimana Haaland bisa tumbuh menjadi striker semengerikan itu?

Ada beberapa alasan. Pertama, tentu saja faktor genetis. Ayahnya, Alfie Haaland, pernah jadi pemain andalan timnas Norwegia. Talentanya memang semenjana, tapi pernah membela Notingham Forest, Leeds United, dan Manchester City di Liga Inggris.

Haaland lahir di Leeds, Inggris, karena sang ayah membela Leeds United pada 1997-2000. Darah sepak bola Haaland memang datang dari ayahnya, tapi dari ibunya dia mewarisi tubuh atletis dan kemampuan atletik yang mumpuni. Sang ibu, Gry Marita Braut adalah atlet juara nasional heptathlon alias saptalomba.


Baca selengkapnya...